Rabu, 06 Juli 2011

Perkembangan Ateis Indonesia

Tidak jelas berapa populasi ateis di Indonesia karena tidak ada data statistik resmi terkait jumlah ateis Indonesia. Karena alasan tekanan, kebanyakan ateis Indonesia juga memiliki agama.

Biarpun tidak ada data yang jelas, kemungkinan besar memang ada perkembangan ateisme di Indonesia.
Salah satu data yang dibuat peneliti luar di tahun 2009 menyebutkan ateis kira-kira 1,5 persen dari populasi
(Sumber : Lynn, R., Harvey, J., & Nyborg, H. (2009). Intelligence predicts atheism across 137 nations. Intelligence, 37, 11-15.)


Internet juga menciptakan ruang yang lebih bebas bagi berekspresi untuk semua kelompok . Jakarta Globe dalam salah satu artikelnya mencatat pertumbuhan ateis Indonesia. 


http://www.thejakartaglobe.com/lifeandtimes/the-rise-of-indonesian-atheism/410166
http://richarddawkins.net/articles/558808-the-rise-of-indonesian-atheism/comments?page=1

Tidak ada yang tahu pasti apa yang menyebabkan terjadinya fenomena ini, karena tidak ada penelitian langsung mengenai hal ini. Tetapi dari pengamatan subjektif  di berbagai forum diskusi termasuk forum-forum ateis, ada dua hal yang menonjol yang mungkin bisa menjadi penyebabnya. Pertama : Kampanye sains yang kemudian dikorelasikan erat dengan ateisme sehingga perkembangan sains dianggap erat kaitannya dengan kemenangan ateisme. Kedua : Akumulasi Kebosanan dan kejengkelan menghadapi intoleransi yang mengatasnamakan agama, sehingga karena nilai nilai baik agama-agama secara faktual dianggap hanya omong kosong kemudian banyak orang yang memilih tidak beragama. Atau  kalaupun terpaksa beragama sekedar mematuhi aturan normatif negara dan/atau melindungi diri dari tekanan masyarakat, walaupun pada kenyataannya sudah ada ketidakpercayaan terhadap nilai-nilai agama.

http://www.thejakartapost.com/news/2010/02/17/fear-religious-starts-early.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar